Sabtu, 17 Januari 2015

How To Reset BIOS 

Pernahkah anda mengalami masalah... diantaranya komputer anda yang tidak bisa booting, atau motherboard, prosesor berjalan dengan lancar tapi monitor tidak menampilkan apapun, atau bahkan komputer anda tidak bisa menampilkan atau masuk ke BIOS sehingga komputer anda merestart terus menerus dengan sendirinya..?? Yahh masalah ini sebenarnya terlihat fatal tapi masih bisa diatasi..
Caranya adalah dengan mereset atau mengatur ulang settingan BIOS pada motherboard anda..

Berikut cara sederhana untuk mereset BIOS ..
1. Memindahkan "Jumper CMOS" pada motherboard
Untuk semua desktop PC pasti terdapat Jumper CMOS yang berdekatan dengan battery CMOS.
Jumper cmos terdapat tiga pin dan jumper akan berhubungan antara pin yang ditengah dengan salah satu pin yang lain. Lepaskan jumper kemudian pasang antara pin yang ditengah dengan pin lain yang berlawanan. Misalnya saat awal pin yang tengah berhubungan dengan pin sebelah kiri, maka lepas jumper dan pasang jumper antara pin yang ditengah dan pin sebelah kanan. Setelah itu tunggu beberapa menit kemudian kembalikan lagi pada kondisi semula.



2. Mencabut dan Memasang kembali Battery CMOS
Cara kedua yaitu dengan mencabut CMOS battery, tunggu 10 menit atau jika perlu 1 hari, lalu pasangkan kembali pada motherboard. Fungsi dari melepas dan memasang kembali yaitu menjadikan settingan bios (reset bios) anda kembali seperti semula atau dengan kata lain default dari pabrik bawaan.








NOTE: Semua cara diatas dilakukan dalam keadaan PC tidak tersambung ke listrik atau Power Supply. DWYOR Do With Your Own Risk..!!
Okay sekian tips dari saya semoga membantu ^_^

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar

Isi kolom komentar yang relevan sesuai dengan posting. No Spam, Pornografi, Rasists, hormati sesama blogger. ^_^